Aktivitas Pengisian Perbekalan Melaut Pada Kapal Pancing Ulur Di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus Provinsi Sumatera Barat

Oleh : Astri Rahmadani & Polaris Nasution, ST., MT

(PPS Bungus Mei 2019)

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus terletak di Kelurahan Bungus Barat Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Keberadaan PPS Bungus di Kota Padang juga sangat memberikan kemudahan bagi nelayan dalam memperoleh kebutuhan melaut seperti BBM, air tawar, es, ransum maupun logistik lainnya. Pancing ulur (handline) merupakan alat penangkap ikan jenis pancing yang memiliki struktur serta cara operasi yang paling sederhana. Struktur alat terdiri dari tali pancing (lines), pancing (hook), serta umpan (bait). Armada penangkapan yang banyak melakukan kegiatan di PPS Bungus pada tahun 2017 adalah kapal tuna dengan bobot >30 Gross Tonnage (GT) dengan alat tangkapan dominan adalah pancing ulur.

Gambar 1. Armada Kapal Pancing Ulur

Kapal pancing ulur yang berbobot 26 GT, 30 GT, 37 GT, dan 52 GT melakukan pengisian perbekalan untuk melaut sesuai dengan lamanya waktu penangkapan. Pengisian perbekalan ini terdiri dari pengisian air tawar, pengisian BBM, pengisian es, hingga bahan makanan. Pengisian perbekalan melaut ini dilakukan pada pagi dan sore hari tergantung dengan kedatangan kapal dan  kapal tersebut ingin melakukan pengisian perbekalan. Setelah perbekalan selesai dilakukan maka kapal pun siap untuk kembali melakukan penangkapan. Rincian kebutuhan perbekalan melaut kapal pancing ulur dengan berbagai bobot Tonase Kapal, ditunjukkan pada tabel berikut :

Tabel 2. Rincian Kebutuhan Perbekalan melaut kapal pancing ulur.

Dalam pemenuhan kebutuhan BBM Solar untuk kebutuhan operasional kapal perikanan yaitu salah satunya kapal pancing ulur mempunyai satu Agen Penyalur Minyak Solar (APMS) yang resmi dan mendapat izin sebagai penyalur dari SPDN milik KUD Mina di PPS Bungus.

Berdasarkan hasil wawancara dengan bapak Hamran sebagai nakhoda kapal KM. Inka Mina-584 yaitu pada kapal pancing ulur ini tidak melakukan pengisian es dikarenakan memiliki alat pendingin berupa freezer yang berguna menyimpan ikan dan membuat es sendiri. Aktivitas penyaluran air tawar di PPS Bungus, yaitu pada dermaga di PPS Bungus terdapat pipa penyalur untuk air bersih tersebut sehingga memudahkan nelayan dalam pengisian perbekalan air tawar. Nelayan bisa mendapatkan air bersih dengan harga Rp 10.000,-/jerigen. Bahan makanan diperoleh dari pasar yang berada disekitar PPS Bungus dengan menggunakan angkutan jasa (becak) untuk membawa makanan ke dermaga.

This entry was posted in Magang. Bookmark the permalink.