TIPs Penggunaan Aplikasi Meeting Antisipasi Penyusup

Maraknya Larangan dalam penggunaan salah satu Program meeting/conference yang sedang booming akhir-akhir ini di belahan dunia. Ini dikarenakan penggunaan program tersebut lebih mudah untuk dipahami dan digunakan disamping dapat digunakan gratis (tak berbayar), sehingga program tersebut lebih digemari dan banyak digunakan. Namun dengan banyaknya keluhan dan larangan dalam penggunaan piranti lunak tersebut karena terbukti pengguna yang di retas dan dirugikan, oleh karena itu dalam tulisan ini mencoba untuk memberikan beberapa tips sederhana dalam mengantisipasi Penggunaan aplikasi gratisan tersebut untuk disusupi oleh pihak-pihak yang merugikan, diantaranya :

  1. Menggunakan antivirus up to date

Gunakan lah Antivirus yang selalu di update (diperbaharui) dan upayakan dengan antivirus yang berbayar. Bukan berarti disebabkan dampak virus covid-19 yang sedang mewabah dimana-mana, hehe.

  1. Tidang menyimpan data/file penting dan rahasia di perangkat

Tidak membiasakan menyimpan file-file penting yang bersifat rahasia didalam perangkat spserti id, password, nomor PIN dan data identitas rahasia lainnya. Bila memungkinkan untuk di ingat saja dan meskipun disimpan di perangkatr sebaiknya dipassowrd dengn kombinasi yang rumit.

  1. Tidak Mengklik tautan yg dikirim melalui kolom chat.

Tidak mengklik tautan apapun yang dikirimkan melalui kolom chat dan selalu memperhatikan apakah orang yang mengajak/mengirimkan teks pada kolom chat adalah orang/id yang anda kenal

  1. Menunda/melakukan update sistem/software.

Tidak melakukan Pembaharuan (Update) kalau tidak benar-benar perlu/significan dan selalu berhati-hati dalam memahami pertanyaan sebelum mengklik “OK” pada saat ada pesan yang tampil/muncul.

  1. Jika terlihat ada kejanggalan/keanehan segera putuskan koneksi sistem internet/jaringan.

Bila melihat keanehan/hal-hal yang janggal pada layar anda (seperti, mouse bergerak sendiri mengklik sesuatu) segera putuskan semua koneksi jaringan internet, ini ada kemungkinan perangkat anda dikendalikan (diremot) seseorang dari jauh.

  1. Perhatikan Pada Sistem Tray Perangkat anda.

Setelah Semua koneksi Terputus dari Jaringan internet, perhatikan pada sistem tray (pojok Kanan bawah/dekat Jam)-show hidden icon, apakah ada Icon tray yang baru/yang aktif yang tidak anda kenali sebelumnya (jika Ada Pahami tips ketika anda mendekatkan kursor kerah icon) jika anda yakin tidak mengenalinya klik kanan – Exit/Close

  1. Remove/uninstall software dan meyakinkan folder utama software yg ada di C:/ sudah terhapus.

Uninstall Software dan yakinkan folder utama yang biasanya dengan nama yang sama dengan program yang berada di drive C:/ ikut terhapu (jika masih ada silahkan di hapus) dan bersihkan recycle bin.

Terima kasih semoga tulisan ini bermanfaat karena tulisan Ini dibuat semoga dapat membantu kehawatiran kita semua yang masih menggunakan software/Aplikasi tersebut dengan alasan pengausaan yang mudah, sudah terbiasa dan tidak mau mencoba yang baru. Initnya hal yang terpenting adalah :

  1. Tidak menyimpan Apapun yang bersifat Rahasia pada Perangkat Anda…!
  2. Kenali Perangkat Anda Sebelum Mengoperasikan Sesuatu…!

Salam Pembelajaran, Terima Kasih

Untuk kalangan terbatas

(polaris.staff.unri.ac.id)

This entry was posted in NEWS. Bookmark the permalink.